Panduan FAQ Ultimate Mesin Bending Pipa

Sumber:Liye Machinery(LYM) Co.,Ltd Waktu rilis:2021-12-02 13:13:07 Mengunjungi:656

Isi

Bab 1. Apa itu mesin pembengkok pipa?
Bab 2. Apa prinsip kerja mesin pembengkok pipa?
Bab 3. Ada berapa jenis metode pembengkokan tabung?
Bab 4. Berapa banyak jenis pembengkokan yang terlibat dalam teknik pembengkokan dingin?
Bab 5. Apa perbedaan antara press bending dan rotary draw bending?
Bab 6. Alat apa yang digunakan untuk mesin tube bending?
Bab 7. Mengapa mandrel digunakan dalam proses pembengkokan pipa?
Bab 8. Bahan apa saja yang digunakan untuk membuat alat mesin bending pipa?
Bab 9. Mesin bending tabung logam apa yang dapat ditekuk?
Bab 10. Berapa radius tikungan pipa?
Bab 11. Bagaimana memilih mesin pembengkok tabung yang sesuai?
Bab 12.Apa penyebab kerutan tabung bahkan saat menggunakan bender mandrel?
Bab 13. Bagaimana cara mencegah kerutan dan lipatan saat menggunakan mesin pembengkok pipa?
Bab 14. Apa perbedaan antara mesin pembengkok pipa NC dan mesin pembengkok pipa CNC?
Bab 15. Apa manfaat mesin pembengkok tabung?
Bab 16. Apa aplikasi dari mesin pembengkok pipa?
Bab 17. Apakah mesin pembengkok pipa memerlukan pelumasan?
Bab 18. Berapa banyak pelumas yang dibutuhkan untuk mesin pembengkok tabung?
Kesimpulan


Mesin pembengkok tabung atau pipa dirancang untuk membuat tabung dan pipa untuk mengubah bentuknya. Mesin-mesin ini dapat dengan mudah membuat tikungan dan kurva yang tepat pada titik-titik tertentu dari segmen pipa. Tabung bengkok ini berongga dan dapat digunakan dalam berbagai aplikasi yaitu pneumatik, hidrolika, aeronautika, obat-obatan, dan banyak aplikasi proses lainnya.
LYM(Liye Machinery) telah menyusun panduan FAQ ini untuk membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang mesin bending pipa, teknik, dan cara terbaik untuk memilih satu untuk Anda.




Bab 1. Apa itu Mesin Bending Pipa?


Seperti namenya, mesin pembengkok pipa dirancang khusus untuk menggulung dan menekuk tabung atau pipa berongga. Anda juga dapat merujuk ke mesin ini sebagai penyok pipa atau penyok tabung yang secara permanen dapat membentuk pipa atau tubing ke dalam konfigurasi yang diperlukan.
Mesin pembengkok tabung datang dalam berbagai bentuk; mereka dapat dioperasikan secara manual atau secara otomatis didukung oleh hidrolika atau motor listrik.
Penyok pipa manual tidak memerlukan kontribusi energi listrik. Itu sebabnya mereka kebanyakan cukup murah dan mudah diakses. Mesin tersebut dioperasikan melalui kontrol mekanis yang mampu meningkatkan gaya yang diberikan, untuk menghasilkan tindakan pembengkokan tabung yang efisien.
Sebagai alternatif, mesin pembengkok pipa otomatis dapat melakukan belokan tunggal atau ganda secara bersamaan. Selain itu, dengan ekspansi teknis yang berkelanjutan, mesin ini dapat ditingkatkan untuk mempercepat operasi fabrikasi tabung. Mesin pembengkok tabung otomatis dirancang untuk menawarkan produksi tanpa cacat berulang kali.



Bab 2. Apa Prinsip Kerja Mesin Bending Pipa?


Jenis mesin pembengkok pipa yang Anda butuhkan ditentukan oleh proses dan bahan pembengkokan pipa.
Pipa dipasang pada mesin pembengkok pipa. Pipa dipasang erat antara penjepit dan cetakan tekukan untuk mencegah tergelincir. Tabung juga dipegang oleh wiper dan tekanan mati untuk dukungan tambahan. Sebuah wiper die terbuat dari paduan lunak yaitu aluminium untuk menghindari kerusakan seperti goresan dan runtuh.
Gaya mekanis diterapkan pada pipa atau tubing untuk bergerak maju di samping cetakan.
Bentuk dies digunakan untuk menentukan konfigurasi pipa dan radius kurva juga. Gaya yang diterapkan pada pipa di atas cetakan memaksanya untuk mengikuti konformasi cetakan. Untuk beberapa proses, mandrel ditempatkan di bagian dalam pipa untuk mencegah pembentukan kerutan dan lipatan selama proses pembengkokan.





Bab 3. Ada Berapa Jenis Metode Tube Bending?

Sebelum Anda mulai membengkokkan pipa, ada beberapa hal penting seperti:hal yang harus dipikirkan terlebih dahulu. Faktor-faktor ini menentukan efisiensi dan ketepatan operasi Anda. Ada berbagai mesin pembengkok tabung yang berfungsi dengan teknik khusus.
Faktor terpenting yang harus diperhatikan adalah tujuan pembengkokan tabung dan bentuk material pipa.
Namun ada beberapa pendekatan dan mesin untuk pembengkokan pipa yang efisien, mereka dapat dikategorikan menjadi dua kelas:


• Metode pembengkokan dingin


Seperti namenya, teknik pembengkokan semacam itu tentu saja tidak melibatkan konsumsi panas untuk membuat pipa menekuk. Teknik pembengkokan dingin sepenuhnya bergantung pada gaya mekanik. Karena tidak ada panas yang terlibat, gaya fisik diterapkan pada pipa untuk membentuknya dalam konfigurasi yang berbeda.
Mesin pembengkok tabung yang bekerja berdasarkan prinsip ini menutupi pipa atau tabung di sekitar cetakan. Die atau bentuk lain digunakan yang dapat secara efektif menekuk pipa dengan paksa.
• Metode pembengkokan panas

Teknik hot bending termasuk memanaskan pipa pada suhu tertentu untuk membuat tikungan yang tepat dan cepat. Pembengkokan panas juga dapat disebut sebagai pembengkokan induksi.
Biasanya, bagian pipa yang harus ditekuk terkena panas. Panas membuatnya lebih lembut, dan bisa ditekuk tanpa mengeluarkan banyak energi.
Jenis metode pembengkokan yang Anda pilih menentukan bentuk akhir tabung atau pipa.





Bab 4. Berapa Banyak Jenis Bending Yang Terlibat Dalam Teknik Cold Bending?

Dengan menggunakan metode pembengkokan dingin, Anda dapat menekuk pipa atau tabung apa pun tanpa menggunakan panas apa pun. Hanya gaya belaka yang diberikan pada pipa untuk membuat tikungan. Mesin pembengkok dingin dirancang tanpa prinsip panas, tetapi membutuhkan lebih banyak energi.
Berikut adalah penjelasan singkat tentang beberapa kategori lebih lanjut dari teknik cold bending:
• Rotary Draw Bending
Mesin bending draw rotary menggunakan susunan perkakas termasuk dies dan banyak konstituen lainnya. Komponen diperbaiki untuk memiliki gerakan putar terus menerus. Rotasi mati untuk memaksa pipa untuk terus bergerak maju dan menciptakan hasil yang diinginkan.
• Mandrel Bending


Teknik pembengkokan mandrel termasuk menempatkan mandrel di dalam tabung atau pipa yang harus dibengkokkan. Bahan yang lebih ramping memiliki dinding yang tipis dan memiliki lebih banyak kemungkinan cacat. Menempatkan mandrel di pipa semacam itu dapat menawarkan tikungan yang lebih tepat karena mencegah riak dan runtuhnya material.
• Pembengkokan Kompresi



Teknik ini melibatkan penggunaan dua cetakan yang berbeda untuk operasi pembengkokan. Sebuah mati stasioner memegang pipa sementara mati counter menerapkan gaya di atasnya.
Dies stasioner memiliki bentuk yang diinginkan di mana pipa harus ditekuk. Counter die membungkus pipa di sekitar die stasioner untuk membuat bentuk akhir.


• Roll Bending
Teknik roll bending sebagian besar lebih disukai untuk tikungan radius besar. Prinsip metode roll bending termasuk melewatkan tabung atau pipa melalui banyak rol. Sebuah mesin roll bending memiliki urutan rol diatur dalam struktur seperti piramida.
Rol ini penting untuk membuat bentuk yang diinginkan untuk pipa atau tabung Anda





Bab 5. Apa Perbedaan Antara Press Bending Dan Rotary Draw Bending?

Mesin press bending berisi cetakan tikungan khusus. Mati dirancang untuk membuat kurva di pipa atau tabung. Pipa diperbaiki dan ditekan ke arah tikungan mati untuk menciptakan bentuk yang diinginkan. Tekniknya paling mudah dan nyaman.
Sedangkan rotary draw bending berisi satu set cetakan yang lengkap. Pipa dipindahkan melalui banyak cetakan untuk menciptakan bentuk tikungan yang sempurna. Mesin bending draw rotari memutar tabung untuk memberikan tekanan yang menghasilkan permukaan yang melengkung dengan tepat. Tabung semacam itu digunakan di berbagai industri dan aplikasi.
Hasil press bending tidak terlalu presisi dan akurat dibandingkan dengan teknik rotary draw bending. Mesin press bending tidak kompatibel dengan dukungan internal yaitu mandrel untuk pipa.
Sementara mesin bending draw rotary memungkinkan Anda untuk menambahkan dukungan tambahan ke pipa untuk hasil yang lebih baik.





Bab 6. Alat Apa Yang Digunakan Untuk Mesin Tube Bending?

Tabung penyok dies adalah alat paling penting yang digunakan untuk pembengkokan yang efisien. Dies penyok kelas atas pada dasarnya digunakan untuk mencadangkan dan mempercepatmenilai operasi lentur. Semua die yang digunakan memiliki fungsi yang berbeda, masing-masing memainkan peran penting dalam prosesnya.

Berikut adalah penjelasan singkat untuk alat die bender yang digunakan di banyak mesin pembengkok tabung:

Bend Die


Dies semacam itu paling sering digunakan sebagai bagian penting dari mesin bending tabung imbang putar. Dies ini juga disebut sebagai die radius atau pembentuk tikungan. Mereka digunakan untuk menerapkan gaya pada pipa untuk membuat tikungan yang tepat.
Pipa dapat dengan mudah dipasang di cetakan, dipindahkan ke depan, dan kurva dibuat pada titik yang diinginkan.

Clamp Die


Dies tersebut digunakan untuk menjaga pipa tetap pada posisinya selama operasi pembengkokan. Untuk mencegah kesalahan pembengkokan seperti keruntuhan, yang terbaik adalah memperbaiki pipa Anda pada posisinya dan menghindari tergelincir.


Tekanan Mati


Sebuah cetakan tekanan dipasang pada mesin pembengkok tabung untuk memastikan pipa bergerak maju menuju cetakan pembengkokan tanpa halangan apapun.

Wiper Mati


Paduan lunak yaitu aluminium dan kuningan digunakan untuk pembuatan dies wiper. Bahan tersebut mampu menghindari goresan dan kerusakan pada pipa Anda. Sebagian besar, kerusakan disebabkan oleh gesekan antara pipa dan cetakan.
Dies berbahan dasar paduan lunak dapat mengurangi kemungkinan kerusakan selama operasi pembengkokan tabung. Ini memungkinkan Anda untuk menghasilkan permukaan yang rata di bagian luar maupun di dalam permukaan pipa.
Dalam proses pembengkokan tabung otomatis, tikungan penghapus mulai beroperasi tepat setelah tikungan mati. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah menghaluskan permukaan dalam dan luar pipa.


Mandrel


Saat bekerja dengan pipa radius kecil, mandrel adalah barang yang harus dimiliki untuk membantu mencegah masalah ini yaitu runtuh. Mereka dapat dipasang di dalam pipa dan bertindak sebagai perlindungan tambahan.




Bab 7. Mengapa Mandrel Digunakan Dalam Proses Pembengkokan Pipa?

Mandrel lebih sering disebut sebagai alat pendukung pembengkokan pipa daripada teknik itu sendiri. Karena pengerahan tekanan pada tabung, dalam proses pembengkokan normal, itu pasti menipis. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya cacat dan kesalahan pembengkokan yaitu tabung runtuh, radius kurva rapat, dan tikungan rata.
Untuk mengatasi dan mengurangi kemungkinan masalah pembengkokan seperti itu, mandrel dapat digunakan. Anda dapat menempatkan mandrel di dalam pipa pada titik tikungan. Mandrel memberikan dukungan dan perlindungan ekstra pada pipa. Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih praktis dan efektif.
Mesin pembengkok tabung putar mampu membentuk radius tekukan yang kokoh dan rapat. Pipa seperti itu bisa runtuh dan rata dengan cukup cepat. Menambahkan mandrel ke pipa sebelum proses pembengkokan pipa akan memberikan dukungan dan bantuan pada inti pipa. Ini akan mencegah kerusakan dan kesalahan yang mungkin terjadi selama proses pembengkokan pipa.





Bab 8. Bahan Apa Yang Digunakan Untuk Membuat Alat Mesin Pembengkok Pipa?

Perkakas yang digunakan untuk mesin pembengkok pipa diproduksi dengan menggunakan bahan yang paling tahan lama dan kokoh. Efisiensi dan fungsionalitas alat ini menentukan kinerja keseluruhan mesin pembengkok pipa.
Sifat alat yang digunakan dalam mesin pembengkok pipa tergantung pada teknik pembengkokan dan bentuk yang diinginkan.
Alat-alat yang digunakan pada mesin pembengkok pipa sebagian besar terbuat dari :

• Baja tangguh


Alat tersebut terbuat dari beberapa baja berkualitas tinggi dan kokoh. Alat baja keras tahan lama dan dapat diandalkan. Alat baja keras dapat dengan mudah menekuk tabung dan pipa keras.
Alat dan cetakan berbasis baja sangat efektif saat bekerja dengan baja karbon, baja tahan karat.

• Paduan lunak


Beberapa alat harus lunak dan fleksibel, oleh karena itu dibuat dengan bahan yang lebih lembut yaitu aluminium. Paduan yang lebih lembut digunakan dalam kasus pipa kecil dan lemah untuk menerapkan gaya yang lebih rendah dan membuat tikungan yang tepat.
Alat dan cetakan aluminium lebih disukai sementara, aluminium lentur, tabung tembaga.




Bab 9. Mesin Tekuk Tabung Logam Apa yang Dapat Ditekuk?

Mesin pembengkok tabung memiliki kompatibilitas khusus dengan bahan pipa. Mesin pembengkok tabung kelas atas dapat bekerja dengan berbagai logam secara bersamaan.
Bahan pipa menentukan pembengkokan pipateknik yang harus Anda gunakan.
Berikut adalah daftar logam penting yang bekerja secara luas dengan mesin pembengkok tabung di banyak industri

  • Aluminium
  • Kuningan
  • Baja karbon
  • Besi tahan karat
  • Tembaga
  • Paduan nikel
  • Titanium
  • Superalloy



Bab 10. Apa itu Jari-jari Tekuk Pipa?

Jari-jari lentur titik tengah pipa disebut sebagai jari-jari tikungannya. Jari-jari tikungan pipa tergantung pada bentuk kurva yang Anda inginkan. Penting untuk mempertimbangkan radius tikungan untuk pipa sebelum proses pembengkokan.
Jari-jari pembengkokan pipa yang berbeda menawarkan atribut yang berbeda. Jika pipa memiliki radius lentur yang lebih besar, maka permukaannya akan agak halus.
Jari-jari lentur pipa harus ditentukan sesuai dengan diameter pipa. Jika diameter pipa lebih besar dibandingkan dengan radius tekukan, kemungkinan kesalahan tekuk lebih kecil, yaitu kerutan dan lipatan.
Itulah mengapa Anda harus selalu menggunakan radius tekuk 2-3 kali lebih besar, berbeda dengan diameter pipa yang Anda coba tekuk. Penting juga untuk mempertahankan radius tekukan yang konstan untuk pipa.




Bab 11. Bagaimana Memilih Mesin Bending Tabung yang Cocok?

Penting untuk menginvestasikan uang Anda dalam mesin pembengkok tabung yang sangat mirip dengan kebutuhan Anda. Untuk alasan ini, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor sebelum memilih mesin bending untuk Anda. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipikirkan mengenai mesin bending pipa:

  • Desain

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah desain mesin bending pipa. Mulailah dengan menentukan desain yang sangat cocok dengan Anda. Anda harus selalu memilih desain yang mudah digunakan dan menawarkan tikungan yang paling efektif.
Beberapa mesin pembengkok pipa dirancang dengan buruk dan dapat menyebabkan pipa tergelincir selama operasi. Ini akan menyebabkan kesalahan lentur yaitu runtuh dan keriput.

  • Kapasitas

Penting juga untuk menentukan kapasitas mesin pembengkok pipa. Beberapa mesin cukup selektif terhadap diameter pipa. Selalu pilih mesin yang kompatibel dengan banyak diameter pipa yang berbeda.
Pastikan juga untuk mempertimbangkan proses pembengkokan, ketebalan dinding, dan radius tikungan pipa juga

  • Kualitas dan akurasi lentur

Anda juga harus mempertimbangkan kualitas mesin pembengkok tabung. Mesin pembengkok tabung kelas atas dan berkualitas tinggi tahan lama dan dapat bertahan dalam ujian waktu. Anda juga harus memikirkan keakuratan tikungan yang dapat dibuatnya.
Beberapa mesin tidak cukup efisien, sehingga menyebabkan banyak kesalahan pembengkokan. Namun, penyok berkualitas tinggi memungkinkan Anda membuat lekukan yang tepat untuk setiap operasi.

  • Daya tahan alat

Efektivitas operasi pembengkokan pipa tergantung pada kualitas alat yang digunakan dalam mesin. Pertimbangkan mesin pembengkok pipa yang menggunakan bahan berkualitas tinggi dan tahan lama untuk perkakasnya.
Anda dapat memastikan kualitas setiap operasi pembengkokan dengan menggunakan perkakas kelas atas karena alat tersebut dirancang untuk menawarkan pembengkokan yang presisi tanpa cacat apa pun.





Bab 12.Apa Alasan Kerutan Tabung Meskipun Menggunakan Mandrel Bender?

Terkadang bahkan saat menggunakan penyok mandrel, proses pembengkokan tidak terlalu efektif. Mandrel digunakan untuk mencegah kesalahan pembengkokan, tetapi tetap saja ada kemungkinan pipa berkerut dan runtuh.
Berikut adalah beberapa alasan mengapa tabung berkerut bahkan setelah menggunakan penyok mandrel:

  • Tergelincirnya tabung melalui penjepit mati
  • Mandrel mungkin tidak ditempatkan dengan benar
  • Mati wiper mungkin tidak disetel dengan benar pada cetakan bengkok
  • Die wiper mungkin rusak dan mungkin tidak pas
  • Tekanan yang lebih rendah disajikan pada tekanan mati
  • Wiper mati aus atau tidak pas
  • Pelumasan yang tidak memadai



Bab 13. Bagaimana mencegah kerutan dan lipatan saat menggunakan mesin pembengkok pipa?

Kerutan dan lipatan adalah kesalahan tekukan yang paling umum.
Berikut beberapa cara untuk mencegah kesalahan pembengkokan saat menggunakan mesin pembengkok pipa:

  • Penyok harus memiliki dimensi yang tepat; jika penyok lebih kecil dari jari-jari tabung itu akan menjadi keras pada pipa, menciptakan permukaan berkerut yang tidak rata.
  • Kualitas tekukan yang dibuat oleh mesin pembengkok pipa juga tergantung pada jenis tabung yang Anda gunakan. Gunakan mesin bending dengan alat yang sesuaiuntuk bahan tabung.
  • Gunakan mesin pembengkok pipa yang dapat menahan pipa dengan kuat pada tempatnya. Ini dapat mencegah kerutan dan menawarkan tikungan berkualitas.
  • Mandrel dapat menurunkan kemungkinan kesalahan tekukan termasuk kerutan dan lipatan. Itu dapat dengan kuat memperbaiki pipa pada posisinya dan mencegah tergelincir.



Bab 14. Apa Perbedaan Antara Mesin Bending Pipa NC Dan Mesin Bending Pipa CNC?

Penyok pipa NC dan CNC keduanya adalah mesin yang dioperasikan secara otomatis. Kedua mesin dapat dikendalikan dengan menggunakan program komputer, Anda dapat memerintahkan mesin untuk melakukan fungsi tertentu yang diinginkan.
NC atau mesin bending pipa kontrol numerik adalah penyok pipa semi-otomatis. Pengoperasiannya yang sederhana, akurasi pembengkokan yang tinggi, dan harga yang murah menjadikannya pilihan yang ekonomis dan praktis untuk lingkungan produksi skala kecil dan menengah.
Atau, penyok pipa CNC atau Computer Numerical Control adalah mesin yang sepenuhnya otomatis. Dilengkapi dengan unit kontrol CNC dengan antarmuka layar sentuh, semua parameter dapat diedit. Penyok pipa CNC memiliki presisi yang sangat tinggi, dapat melakukan pembengkokan 3D yang kompleks dan dapat memenuhi berbagai kebutuhan manufaktur.
Dibutuhkan staf yang mahir dan berpengalaman untuk mengoperasikan mesin bending pipa CNC.




Bab 15. Apa Manfaat Mesin Tube Bending?

Mesin pembengkok pipa digunakan di berbagai industri karena banyak keunggulannya. Dengan menggunakan mesin pembengkok tabung, Anda dapat menikmati fasilitas berikut:

  • Mesin pembengkok tabung dapat melakukan beberapa operasi sekaligus.
  • Ini menurunkan biaya produksi.
  • Mesin pembengkok tabung menawarkan tikungan yang paling tepat dan efektif.
  • Pipa yang ditekuk dengan menggunakan mesin pembengkok tabung kelas atas memiliki hasil akhir yang lebih halus.
  • Tekukan yang efektif tanpa kerusakan dibuat tanpa risiko kerusakan dan kebocoran tabung.
  • Dengan mesin pembengkok tabung, Anda dapat mempercepat operasi pembengkokan Anda.
  • Mesin pembengkok tabung dengan fungsi otomatisnya dapat menyelamatkan Anda dari segala upaya fisik.



Bab 16. Apa Aplikasi Mesin Bending Pipa?

Mesin bending pipa sedang digunakan di berbagai industri. Mereka digunakan untuk tujuan yang berbeda dan dalam banyak instrumen juga. Penggunaan mesin bending yang paling umum dan populer adalah di industri otomotif, karena operasinya membutuhkan banyak tabung dan pipa bengkok.
Selain otomotif, mesin bending pipa modern juga cukup unggul di berbagai bidang lainnya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Peralatan area bermain
  • Mesin kebugaran
  • Pipa pendingin, tabung, dan konstituen logam lainnya
  • Perlengkapan pengiriman
  • Alat pertanian
  • Tank dan penguat kapal baja
  • Manufaktur industri
  • Operasi arsitektur
  • Modul furnitur
  • Industri otomotif dan kendaraan
  • Konstruksi Kapal
  • Aeronautika dan kedirgantaraan



Bab 17. Apakah Mesin Tekuk Pipa Perlu Pelumasan?

Pelumasan adalah praktik penting untuk setiap proses pembengkokan tabung. Mesin pembengkok tabung memerlukan pelumasan reguler untuk kinerja yang efektif dan tahan lama. Anda harus hati-hati mengoleskan pelumas pada semua alat dan aksesori dari mesin pembengkok pipa.
Dalam operasi pembengkokan tabung, alat dimaksudkan untuk bergerak maju mundur satu sama lain. Tanpa pelumasan yang tepat, gesekan akan menciptakan gesekan dan merusak mesin. Untuk kelancaran proses, Anda harus secara teratur mengoleskan pelumas dalam jumlah yang banyak pada bagian-bagian mesin termasuk die wiper, diameter luar, dan radius bagian dalam tabung.
Pelumas yang berbeda digunakan untuk berbagai macam bahan seperti baja, aluminium, tembaga, titanium.


Bab 18. Berapa Banyak Pelumas Yang Dibutuhkan Untuk Mesin Pembengkok Tabung?

Pelumasan tidak hanya menawarkan pengoperasian yang mulus, tetapi juga perlindungan tambahan untuk mesin Anda. Baru-baru ini, konsep yang umum adalah bahwa menggunakan pelumas kental dalam jumlah banyak di atas komponen mesin menciptakan penghalang yang tak terkalahkan.
Ini mungkin benar dalam beberapa kondisi, tetapi dalam banyak kasus menggunakan pelumas padat dalam jumlah besar tidak perlu dan dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan. Menggunakan pelumas kualitas premium dalam jumlah kecil dianggap jauh lebih efektif.
Ini dapat mempercepat proses pembengkokan dan juga lebih mudah dibersihkan sesudahnya.





Kesimpulan

Mesin pembengkok pipa dirancang sangat mudah dan presisi. Menggunakan mesin pembengkok tabung adalah cara yang jauh lebih cepat dan efektif untuk menekuk pipa, bahkan untuk industri yang lebih kecil (dan juga lebih besar). Panduan FAQ ini berisi semua informasi yang diperlukan untuk memilih mesin pembengkok pipa yang ideal untuk Anda.
LYM (Liye Machinery) berharap panduan kami akan membantu Anda belajar dan membuat pilihan yang lebih baik.